Cara menulis huruf Jepang di Windows XP: Menginstall Microsoft Input Method Editor (IME)

Screenshot IME pada Windows XP menulis シャボン玉 (shabondama, gelembung sabun)

Setelah menginstall font Jepang, langkah selanjutnya untuk mendukung studi bahasa Jepangmu adalah dengan menginstall Input Method Editor atau IME. Dengan IME tersebut kamu bisa menulis huruf Jepang di komputer menggunakan keyboard biasa, baik hiragana, katakana, maupun kanji!

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa melakukan sangat banyak hal baru! Kamu bisa dengan mudah mencek penulisan suatu kata tanpa membuka kamus. Kamu bisa melakukan pencarian kata-kata bahasa Jepang di Google maupun Wikipedia Bahasa Jepang. Kamu juga bisa berinteraksi di situs-situs berbahasa Jepang seperti 2ch maupun berkorespondensi dengan orang Jepang melalui email dan IM. Tentu saja, kamu juga bisa menggunakan kanji-kanjinya sebagai elemen misterius pada desain grafismu.

Instalasi Input Method Editor

Catatan: Agar bisa menjalankan langkah-langkah di artikel ini, kamu sebelumnya perlu menginstall font bahasa Jepang yang sudah dijelaskan pada artikel cara menginstall font bahasa Jepang.

Pertama, pergi ke Control Panel dan buka Regional and Language Options. Kalau entah kenapa kamu tidak bisa menemukannya, kamu bisa menjalankannya lewat StartRun... lalu memasukkan perintah intl.cpl. Dari window yang muncul pergilah ke tab Languages:

Window Regional and Language Options pada Windows XP untuk menginstall dukungan menulis bahasa Jepang

Dari situ, klik tombol Details...:

Langkah-langkah untuk instalasi dukungan menulis bahasa Jepang pada Windows XP

Dari window berikutnya yang muncul, pertama tekan tombol Add..., lalu pada bagian Input language pilih Japanese. Tekan OK. Kamu bisa melihat bahwa kini dukungan untuk menulis huruf Jepang sudah ditambahkan:

Dukungan menulis bahasa Jepang di komputer Windows XP yang sudah diinstall

Berikutnya tergantung dari keadaan komputer kamu. Kalau di layar tersebut selain bahasa Jepang hanya ada bahasa-bahasa yang menggunakan huruf latin, misalnya bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maka hapus saja dukungan keyboard untuk bahasa tersebut. Ini karena dengan settingan bahasa Jepang pun kamu bisa menulis huruf latin. Kalau kamu menggunakan bahasa lain misalnya bahasa Arab atau Korea, jangan hapus mereka karena tentu saja IME bahasa Jepang tidak bisa digunakan untuk menulis bahasa-bahasa tersebut.

Pada contoh di atas hanya terdapat bahasa Inggris jadi settingan keyboardnya akan dihapus. Klik nama bahasanya, lalu tekan tombol Remove. Kalau kamu tidak ingin menghapus apapun, kamu mungkin ingin merubah Default input language menjadi Japanese - Microsoft IME Standard 2002 ver. 8.1 (sekali lagi, dengan default bahasa Jepang pun kita masih bisa menulis huruf latin).

Setelahnya tekan tombol OK. Mungkin Windows akan mengatakan bahwa dukungan menulis bahasa yang sedang aktif (misal Inggris) tidak bisa dihapus saat ini. Kalau memang begitu kasusnya, atau kalau ada pesan lain yang menyarankan kita untuk merestart komputer, maka restart komputernya.

Pengaturan language bar

Setelah semua langkah di atas, buka program yang bisa digunakan untuk mengetik misalnya Notepad. Lalu, cari benda baru bernama “language bar” pada taskbar yang bentuknya seperti ini:

Language bar pada taskbar Windows XP yang menunjukkan bahasa Jepang sebagai bahasa yang aktif

Language bar tersebut menunjukkan bahasa apa yang akan dipakai untuk menulis. JP berarti Jepang. Kalau tadi kamu sudah menghapus bahasa-bahasa lain, atau kalau kamu sudah mengatur bahasa Jepang menjadi default, maka di situ akan tertera JP dan tidak ada yang perlu kamu ubah. Namun kalau di situ yang aktif adalah bahasa selain JP, klik saja tombolnya untuk mengubahnya:

Merubah bahasa yang aktif dari bahasa Inggris ke kahasa Jepang menggunakan language bar pada Windows XP

Kalau language barnya tidak ada di taskbar, coba cari di seluruh layar kamu. Ada kemungkinan dia melayang entah di mana seperti berikut:

Language bar pada Windows XP yang melayang bebas

Kalau yakin dia benar-benar hilang, kamu bisa memunculkannya dengan mengklik kanan taskbar dan memilih ToolbarsLanguage bar.

Cara memunculkan language bar pada Windows XP dengan mengklik kanan taskbar

Ingat, untuk menulis bahasa Jepang, kode yang tertulis pada language bar haruslah JP. Jika bahasa Jepang tidak terpilih di situ, kita tidak akan bisa menyalakan IME-nya.

Cara menulis hiragana

Setelah memastikan bahwa bahasa yang aktif pada language bar adalah Jepang, mulailah mengetik suatu kata misalnya “musume” (putri):

Menulis \"musume\" yang memunculkan huruf latin di Notepad

Terlihat bahwa yang muncul masih huruf latin. Seperti dikatakan sebelumnya, bahkan dengan settingan bahasa Jepang kita masih bisa menulis huruf latin. Untuk mulai menulis huruf Jepang, aktifkan IME dengan menekan tombol Alt+~. ~ adalah tombol yang berada di sebelah atas Tab dan di sebelah kiri tombol 1. Sekarang coba lagi tulis “musume” di bawahnya:

Menulis hiragana dari \"musume\" (むすめ) pada Notepad di Windows XP

Apa yang kamu tulis akan langsung dirubah oleh IME menjadi hiragana! Perhatikan bahwa di bawah tulisan むすめ tersebut ada garis bawah, yang artinya kita masih berada pada mode edit. Di mode edit, apa yang kita tulis belum dikirim ke programnya, misalnya Notepad.

Untuk mengirim huruf-huruf hiragana tersebut ke programnya, kamu tinggal menekan Enter:

Menulis hiragana dari \"musume\" (むすめ) pada Notepad di Windows XP

Untuk kembali menulis huruf latin, tekan saja lagi Alt+~.

Mencari penulisan kanji dan katakana

Kata “musume” memiliki penulisan kanji. Selain itu, kita juga bisa saja ingin menulis “musume” menggunakan katakana. Cara untuk mendapatkan kedua hal tersebut sangatlah mudah.

Pertama, tuliskan kata yang diinginkan misalnya “musume”. Untuk mencari penulisan selain hiragananya, kamu tinggal menekan Spasi. Nanti IME akan memberikan salah satu kemungkinan lainnya, misalnya kanji untuk kata “musume” yaitu 娘:

Konversi kanji \"musume\" (娘) di Notepad pada Windows XP

Kalau tawaran IME bukan yang kamu inginkan, tekan saja spasi lagi untuk melihat kemungkinan-kemungkinan lainnya:

Konversi \"musume\" ke katakana (ムスメ) di Notepad pada Windows XP

Seperti sebelumnya, tekan Enter setelah mendapat pilihan yang diinginkan. Alternatifnya adalah menekan angka yang tertera di sebelah kiri pilihan.

Jangan kaget kalau untuk suatu kata, banyak sekali kemungkinan menulisnya. Ini karena di bahasa Jepang suaranya terbatas sehingga akhirnya banyak homofon.

Sebagai latihan, coba kamu tulis “koubou” yang kanjinya seperti ini: 工房 (ruang kerja seniman, studio). Jangan sampai salah karena artinya bisa sangat berbeda. Misalnya, 攻防 juga dibaca “koubou” namun artinya “serangan dan pertahanan”.

Penutup

Bisa dilihat bahwa kita bisa menulis bahasa Jepang pada komputer tanpa menggunakan Windows XP versi Jepang. Dengan IME, pemula sekalipun bisa mulai bersenang-senang dengan memunculkan karakter-karakter eksotis ke layar komputernya. Selama tidak aktif, IME juga tidak akan mengganggu pengguna komputer lain yang hanya perlu huruf latin. Ingatlah bahwa IME bisa digunakan di hampir semua program, mulai dari Microsoft Word, OpenOffice.org sampai Mozilla Firefox.

Fasilitas IME juga ada di Windows Vista, berbagai distro Linux misalnya Ubuntu, dan Mac OS X. Mungkin di lain waktu akan dibahas cara instalasinya di Ubuntu. Kapan-kapan kita juga akan membahas tips dan trik yang akan membuat pengoperasian IME menjadi lebih efisien.

Selamat menulis!

Simpan di situs bookmarking sosial:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Twitter
  • Facebook
  • Technorati
  • Tumblr
  • Slashdot
  • StumbleUpon
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Live
  • Identi.ca
  • LinkedIn

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

113 Responses to “Cara menulis huruf Jepang di Windows XP: Menginstall Microsoft Input Method Editor (IME)”

  1. [...] Yumeko Belajar budaya dan bahasa Jepang bersama « Cara menulis huruf Jepang di Windows XP: Menginstall Microsoft Input Method Editor (IME) [...]

  2. [...] Kamu tinggal menuliskan masukannya di kotak teks yang tersedia. Perlu diketahui bahwa dia tidak menerima masukan romaji. Jadi pastikan bahwa sistem kamu bisa untuk menulis huruf Jepang. [...]

  3. >> anata wa
    kono saito no kanrisha desu :)

  4. [...] karena ditantang dia buat komen pake huruf cendol di blognya. akhirnya aku buat laptopku yang berOS Ubuntu 7.10 bisa menuliskan huruf non-latin sebagai standart input. bagi yang pake windows XP bisa dibaca tutorial ini. [...]

  5. esbe says:

    doumo arigatou gozaimasu.

  6. djupi says:

    どうもありがとうございます

  7. Saya ingin mengatakan : どうもありがとうございます juga, makasih !

  8. [...] hanya sedikit, beranikan saja menulis dengan bahasa Jepang. Jangan pakai romaji ya, gunakan IME untuk menulis 日本語 (nihongo) yang sebenarnya. Walaupun kamu pemula dan belum tahu banyak [...]

  9. Lidner says:

    akh, app anata bisa mengirim trik-trik untuk belajar bahasa jepang serta kebudayaannya ke e-mail ku??
    aku harap bisa, karena itu akan membantuku lebih mendalam mengetahui tentang Jepang,,

  10. Nanti ke depannya di Yumeko akan ada sistem untuk berlangganan artikel baru melalui email, jadi Lidner-san tidak akan ketinggalan trik-trik belajar yang akan diposting di Yumeko :)

    Tunggu ya…

  11. capoera says:

    aku dah install sesuai dengan petunjuk.. tapi kok bahasa jepangnya ga bisa keluar ya? untuk direct input bisa.. tapi hiragana dsb semua ga bisa keluar apa2 kalo diketik.. selain jepang di komputer juga ada install buat mandarin seh dari dulu udah ada tapi itu,, pengaruh ga yah? mungkin bisa dijabarin:

    input style : ime standard
    input mode : direct input(kalo ganti yang laen ga bisa tulis sama sekali)
    conversion mode: standard
    ime pad: ini ga ada pilih apa2 kayaknya..
    tools : hanya pilihan semua kan?
    nah disebelah tools ada caps en kana
    pas klik di kana bisa keluar tulisan.. tapi kayaknya beda deh yah.. karena dari setiap tombol dia keluar 1 tulisan :|

    gimana yah? ada yang bisa bantu? apa karena blom ada fontnya? tapi di language udah

  12. @capoera

    Ada input method mandarin ga masalah. Di komputer saya juga ada Jepang dan Mandarin kok…

    Udah coba tekan Alt+~ untuk mengaktifkan (dijelaskan di atas)?

  13. ヨシ says:

    テスト。。。

    テスト。。。

    hohoho….

    なるほどね。。。

  14. 面白いんですね^^

  15. Ang1n says:

    もし-もし ゆめこ さん!!, げんき ですか? ^^
    はぢめ ….
    わたしは Ang1n です
    よろしく

    Saya pelajar awam.. yg mungkin masih berada di tingkat 1,
    ingin belajar banyak dr anda,
    karena saya juga punya proyek yg sejalan dgn mas agro
    membuat halaman versi nihon.
    mohon bimbingannya yah ^^

    どうもありがとうございます!

  16. yukimura sanada says:

    benkyou shitai na……
    dou ka oshiete kurenai desu ka, boku ni…?

  17. @yukimura sanadaさん

    yorokonde ^^

  18. daiichihime says:

    ありがとう ございます。。
    saya udah coba di vista, akhirnya jadi keasikan nulis pake IME.
    tapi alternatif nulis kanjinya banyak juga ya, jadi bingung mau pilih yang mana.
    baru pemula belajar kanji nih ^^

  19. @だいいちひめ (第一姫???)

    Asik kan, kaya sulap tiba2 muncul kanji :)

    Selamat bersenang-senang…

    じゃ、また!

  20. Cindy says:

    あ~~
    なるほど。。。
    ありがとう ね。。。!
    ^。^

  21. iyuth says:

    ありがと。。。

  22. [...] sudah bisa membaca hiragana dan katakana, mulailah menggunakannya untuk kata-kata baru. Install IME agar bisa memasukkan tulisan Jepang ke Mnemosyne. Kartu-kartu lama yang masih menggunakan romaji [...]

  23. Nohan says:

    mau nyoba dulu ah, baru komeng

  24. b3djo says:

    hajimemashite….
    mau tanya dongs,knp pas saya coba dicontrol panelnya gak tersedia ya. di input language gak ada jepangnya. kumaha atuh?
    tasukete…..

  25. @b3djo-san

    Apa sudah install font-nya terlebih dahulu seperti ditulis di awal artikel?

    http://www.yumeko.web.id/2008/05/27/menginstall-font-bahasa-jepang-di-windows-xp/

  26. GTO says:

    スゴイ gak perlu NJstar lagi nih
    本当にありがとうございます

  27. @GTO-san
    よかったね^^

  28. Abidd says:

    tolong dong cara instalasi IME di ubuntu… Thnx

  29. hawa says:

    susahhh
    install di google bisa ga IME

  30. Hadi Gunawan says:

    Tang kayu feri max buat tutorialnya … :D
    akhirnya bisa juga ngetik dengan bahasa japan … :D

  31. Miranti says:

    makasih banget yahh!
    aku ga perlu NJ Star lagi, suka aneh dan eror sih NJ Starnya. hehe.

  32. [...] install IME agar kamu bisa menulis bahasa Jepang. Saya rasa langkah kedua ini sebetulnya opsional, tapi alangkah baiknya kalau kita bisa sekalian [...]

  33. [...] Kamu tinggal menuliskan masukannya di kotak teks yang tersedia. Perlu diketahui bahwa dia tidak menerima masukan romaji. Jadi pastikan bahwa sistem kamu bisa untuk menulis huruf Jepang. [...]

  34. Hone says:

    凄いですね。

  35. Dimas Faisal Darmawan says:

    ありがと

  36. yuyu says:

    arigatou gozaimasu sensei,…….kita makin banyak berlatih nih kayaknya horeee makin pinter aja deh pemuda bangsa…

  37. oishin says:

    Q dah pake cara diatas tp pad mau add japanesnya kok g da pilihannya.,.,.????pa yang salah kk.,.,.,.mksh

  38. 背所丸 says:

    度も有賀とございます

  39. [...] Di situ, kamu harus memasukkan 1 huruf kanji yang ingin kamu cari. Ingat bahwa situs tersebut tidak mengenali masukan hiragana maupun romaji. Kanji yang ingin kamu cari bisa didapat misalnya dengan copy-paste dari dokumen aslinya ataupun dengan menuliskannya sendiri menggunakan IME. [...]

  40. mitha says:

    salam knal,,
    sama seperti pertanyaan oishin, di laptop sy jg tidak ad pilihan bhs jepangny,,itu gmn ya?
    arigatou..

  41. Hi’……………………. watasi namaewa rafli …………arigato …………………………………..

  42. ananda putri says:

    ha…….ha…………………ha…………….ha………………. hari ini hari yang terbaik buak aq… (^_^)

  43. gonzaga says:

    arigato gozaimasu. saya banyak belajar bahasa jepang dari blog ini

  44. Fake よしもり says:

    アグロさあああん !!!  どもありがとうございます !!!!!!! asyik banget makasih ya!!

    Atramayouxtar ats zejlasenngah!! Sen va sekaran telah basaa turait turaiten Japon !!

  45. meutya says:

    setelah disetting seperti itu, trus huruf jepang tadi aku masukin ke microsoft word, apa bisa langsung cetak ke print biasa? ntar munculnya cuma huruf kotak kotak? mohon dibalas segera

  46. クロナ says:

    どうもありがとうございます!!! wwwwwww

  47. djaro says:

    saya dah coba langkah IME, tapi di language bar tidak muncul JP…jadi saya belum bisa ketik font jpg. gimana solusinya?

  48. djaro says:

    ありがてょございます….trimakasih.

    しゃよなら

  49. Abdul HAmid says:

    Mas bagus banget artikelnya. boleh aku share?

  50. Abdul HAmid says:

    tak praktekin langsung bisa….hebat..bagus banget…artikel yang sangat membantu tugas sekolah nie.

  51. Nuhad says:

    Mau belajar bahasa jepang……tertarik banget lanjut kuliah di negeri sakura sono…..tolong di kirimin artikel tentang belajar bahasa jepang yah…..arigato gazaimasu…..

  52. thama L says:

    arigato gozaimasu …
    makasih dngan ini saya bisa ngbuat kekasih saya sneng krna udah bisa ngbantuin dia …(alay mode on) hhehhe sekali lagi maksih !

  53. glen chan says:

    Hontou ni arigatou, sensei,:). Tadi langsung aq praktekin semuanya dan berhasil, ho3x. senang sekali rasanya bisa mengetik dengan huruf jepang tanpa harus repot. sekali lagi, thx u so much, :)

  54. rumput says:

    arigatou…. ijin copy iah…. mga2 bisa di buka… hehehe

  55. k zamlahani says:

    どうもありがとうございます。。。

  56. [...] install IME agar kamu bisa menulis bahasa Jepang. Saya rasa langkah kedua ini sebetulnya opsional, tapi alangkah baiknya kalau kita bisa sekalian [...]

  57. [...] Setting Windows XP agar Tulisan Jepang bisa terbaca « Web-nya Santoso_29 on Cara menulis huruf Jepang di Windows XP: Menginstall Microsoft Input Method Editor (IME) [...]

  58. Paul says:

    hahahaha , trxta bgs jja ych . dngn nie qt bsa lbh enk .

    akakakakakak*

    ^_^

  59. kholifah says:

    z sdh mendowload,,tp tdk bs terinstal di komputer z,, z jg sdh ke NET Framework tp lama bangettt…

  60. dewa ayu says:

    kalo pake windows 7 bisa gak ???? apa cm bisa d wndows XP aja???
    soalnya sya study d sastra jepang.. tlg bantuannya

  61. illustrator wannabe says:

    できた できた!!
    本当に、ありがとうございます~

    @dewa ayu: bisa kok, saya juga ini pake windows 7, malah lebih enak, soalnya ga perlu restart computer ntarnya XD

  62. Septi says:

    kok dibagian input languagenya g da Japanese?

  63. Tieria Erde says:

    Mantap bnget

  64. dewa ayu says:

    kalo instal tulisan jepang di windows 7 gimna caranya ?????
    onegaishimasu !!!!!
    saya perlu bgt , bwt tgs2 kuliah sastra jepang .
    doumo arigatou gozaimasu!

  65. Indra Hadiyanto says:

    ありがとう ございました。 きょう、わたしは 日本語の かく ことが できます。

  66. Rex says:

    I don’t understand it!!!

  67. Rex says:

    I mean is difficult

  68. maya says:

    klo pilihan bahasa jepangnya nda ada gimana?

  69. tommy says:

    buku percakapan bahasa jepang yg bagus yang mana ya?domoo arigato gozaimasu

  70. metta says:

    saya kurang mengerti untuk menginstalnya
    tolong di permudah
    saat saya masuk k
    control panel-date, time, launguage, and regional option- add languages. muncul windows. dan saya memilih languages kemudian detail.
    tetapi disana tidak ada pilihan japanase
    tolong di balas
    saya bener” tertarik dengan b.jpg

  71. Densu says:

    アグロ せんせい、
    どうもありがとうございました。

  72. iqblank says:

    アリガト
    arigato

    cara pake spasi gimana ya mas?

  73. ticsa says:

    素晴らしい ..

    よろしく おねがいします
    ^.^)d

  74. AMAZUME Ryuta says:

    keren2… mantap dan berguna…

  75. made says:

    klo instal g pake cd-nya bisa g ea, alne dsni susah nyari cd-nya

  76. sophia says:

    koq akku ga bisa ya? ga ada bhasa jepangnya saat aku mau ngubah bhsanya T.T

  77. Tanma-kun says:

    Di ‘input language’ tidak ada ‘japanese’.. Habis regional and language options sudah aku klik details… Sudah aku klik add.. Di kolom input language tidak ada japanese-nya.. Gimana ini? Balas dong! Siapa aja yang tahu..

  78. Tanma-kun says:

    Abis baca semua komentar.. Oh.. Buat yang di input language-nya tidak ada, coba install font jepangmu dulu! Setelah itu, lanjutkan proses di atas!

  79. elangbieroe says:

    wah, beruntung buat yang pakai windows vista / windows se7en. karena keduanya tinggal mengaktifkan saja.

  80. あぢんg says:

    (どおも) ありがと ございます

  81. soe says:

    heeeeeeeeeeee mblengeeeeeeeeeerrrr euy

  82. mutia says:

    ほんとにありがとうございます!(ga berani pake kanji, takut artinya salah :D )

  83. インタ says:

    どうもありがとございます。。。

  84. niie says:

    cinta
    biru
    kolam

  85. Stiw says:

    permisi..
    kalo windows nya versi bajakan gimana caranya yah? (tutorialnya) saya nyari disana sini ga nemu T_T
    thanks before

  86. @stiw: sama aja kayak woindows asli… cari aja di control panel->region and language->tab keybords and languages->change keyboard… PASTI ADA… insya Allah…

  87. Stiw says:

    ooh thanks udah bisa :D
    tapi sejak install font jepang ini, huruf “\” berubah jadi “¥” (japanese yen T_T)
    ada yg tau cara mengembalikan jadi \ lagi? soalnya kalo buka windows exlorer berubah jadi gitu..

  88. Stiw says:

    ooh thanks udah bisa :D
    tapi sejak install font jepang ini, huruf “\” berubah jadi “¥” (japanese yen T_T)
    ada yg tau cara mengembalikan jadi \ lagi? soalnya kalo buka windows exlporer berubah jadi gitu..

  89. tekan Alt + ~ atau Alt + `

    akan kembali ke mode huruf romawi,

  90. Stiw says:

    maksudnya kalo buka windows explorer,
    kan alamat address nya biasanya gini:
    contoh:
    C:\Documents and Settings\Administrator\Start Menu

    nah ini jadi malah jadi gini:
    C:¥Documents and Settings¥Administrator¥Start Menu

    gmn caranya biar bisa kembali seperti contoh?
    thanks

  91. ya itu… waktu ngetik tekan Alt+~ atau Alt+`, ntar pasti kembali ke mode alfabet latin… udah dicoba?

  92. Encep says:

    thank’s

  93. ice says:

    kLo beLum bisa ..

    masukin CD windows ..
    LaLu copy foLder I386 nya ..

    soaLnya ada sebagian waktu instaL Langsung ga bisa ..
    ya udah foLder nya ajja copy duLu ..

    trus ..
    1 . intl.cpl
    2. pLih Language trus check .instaLL fiLes for east asian Languages .. trus appLy ..
    3. brows .. cari di mana foLder yang kamu copy barusan ..

    beres deh ..

    misaLnya waktu meng copy foLder I386 nya ga beres karna error di tengah”.. gpp .. brarti fiLe nya agak nakaL .. ini ga ngaruh ..

  94. Zamlahani says:

    oiya, saran buat admin, sebaiknya ilmu2 yang ada dalam komentar2 ini yang belum tercantum dalam artikel sebaiknya ditambahkan saja, sebagai revisi dan supaya pengunjung baru tidak kebingungan, terima kasih, ^_^

  95. dezuka says:

    wak kak saya masih pusing, perlu pemahaman lagi

  96. すりなかじま says:

    有難うございます、、、私のパソコンを感じがかけます

  97. Silvia says:

    sumimasen
    saya mau tanya kalau saat k toolbar jg g ad language barnya g ad, itu gimana?
    arigatou gozaimasu

  98. Giffari says:

    Hajimemasite, Indonesia kara no Giffari to iimasu.Boku wa rokutoo, douzo yorosiku.

  99. tomo says:

    izin coba infonya ya..
    makasih..

  100. Ruth says:

    OS XP original Jepang kalo mau di ubah ke language inggris.. gimana y?? uda di coba untuk setting regional aption juga tetep ga keubah.. tlng penjelasannya :)

  101. Agustinus says:

    Kalau untuk settingan di windows 7 gimana,,gan….??

  102. hardy says:

    gimana cara saya mendapatkan font bahasa jepang….?

  103. vita says:

    ありがとうござ財増す:)

  104. Vizzt says:

    どうも ありがとう ございます。

  105. Roe says:

    mo nanya neh, tau gak tempat nyari kamus ina – jap gratisss yg gak pake tepu.

  106. Revi Novan says:

    Thank you… doumo arigatou gozaimas…

  107. kalau nulis huruf jepang ditumpuk-tumpuk kaya bahasa korea.??

  108. kalau nulis kalimat pake huruf jepang di tumpuk-tumpuk seperti tulisan korea.??

Tulis komentar