Tentang

Tentang

Ayo belajar budaya dan bahasa Jepang bersama! Di Yumeko, kamu bisa membaca blog harian yang menyenangkan tentang bahasa dan budaya yang unik ini. Apapun motivasi kamu, baik itu hiburan, bisnis, wisata, maupun kultural, kami akan menemanimu belajar. Kami berusaha menyediakan tulisan untuk berbagai macam tingkat, jadi tidak peduli apakah kamu pemula maupun pelajar tingkat lanjut, kami yakin kamu bisa menemukan bacaan yang sesuai dengan levelmu. Selamat menikmati!

Halaman ini juga berfungsi sebagai buku tamu. Silahkan meninggalkan pesan menggunakan form yang terdapat di bawah.

Tentang nama

Penulisan kanji dari Yumeko adalah 夢子. Kanji pertama “yume” berarti “mimpi” dan kanji kedua “ko” berarti “anak”. “Yume” berisi harapan agar pembaca dan penulis blog ini senantiasa menjunjung mimpinya. “ko” sendiri adalah komponen nama perempuan yang umum, seperti Risako, Atsuko, dan… Sadako! Kalau ingin sedikit berimajinasi, bayangkan “yumeko” sebagai anak perempuan yang penuh dengah mimpi.

Kontributor

Agro Rachmatullah: Pendiri, penulis. こんにちは、皆さん! Aku belajar bahasa Jepang sejak tahun 2005. Mungkin gara-gara menghabiskan seluruh episode FMA ditambah Midori no Hibi pinjaman teman dalam waktu yang sangat singkat, banyak kata-kata bahasa Jepang yang terngiang-ngiang di kepalaku. Merasa terusik, aku iseng-iseng mencoba mempelajari bahasa ini lewat Internet.

Dari awalnya sekedar ingin tahu, ternyata aku menjadi terpikat dengan bahasa yang indah ini. Mungkin karena bahasanya terdengar imut di telinga, mungkin karena sistem menulisnya yang elok dan membuat kagum, mungkin juga karena cara berpikirnya yang sama sekali berbeda dengan bahasa-bahasa yang selama ini kukenal. Aku ingin suatu hari nanti bisa berbicara fasih, membaca tanpa perlu melirik-lirik kamus, dan menonton tanpa menggunakan subtitle.

Sampai saat ini aku memang tidak pernah mendapat pendidikan formal maupun mengikuti les bahasa Jepang. Tapi rasanya kurang sreg juga kalau dibilang bahwa aku “belajar sendiri”, karena aku banyak berinteraksi dan dibantu orang lain di wiki, forum, IRC, IM, dan tentu saja melalui tatap muka langsung dengan teman-teman yang kebetulan juga belajar bahasa Jepang.

Di sini kamu juga tidak akan belajar sendiri. Aku pribadi juga masih belajar dan akan terus belajar, jadi ayo kita belajar bersama!