Ikan Kerapu Indonesia Tembus Pasar Jepang & Eropa!

  • -

Ikan Kerapu Indonesia Tembus Pasar Jepang & Eropa!

Category : Berita

Produksi budidaya ikan kerapu Kabupaten Lebak, Banten, sekarang menembus pasar dunia seperti Jepang dan Eropa, sehingga memberikan dampak positif pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir selatan.

“Kami terus memaksimalkan budidaya ikan kerapu karena permintaan pasar ekspor relatif tinggi,” kata Kepala Bidang Ikan Tawar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak, Dadang Lesmana saat dihubungi di Lebak, Rabu (15/4). Healthy Grouper Recipes

Masyarakat pesisir selatan sekarang mulai memaksimalkan budidaya ikan kerapu karena memandang permintaan pasar cukup tinggi.

Selama ini, harga ikan kerapu di pasaran cukup tinggi dengan kisaran antara Rp 350 ribu hingga Rp 450 ribu/kilogram.

Masyarakat yang kini sukses memaksimalkan budidaya ikan kerapu ialah “Golongan Ikan Krapu Selatan” di Kecamatan Wanasalam. Mereka golongan usaha itu dengan memaksimalkan pembibitan hasil pemijahan dari induknya.

Baca juga: Tempat Terbaik untuk Menikmati Sakura di Jepang

Setelah itu, dibudidayakan di tepi pantai Perairan Samudera Hindia dengan luas 2.000 meter persegi.

Kendalanya, saat ini produksi ikan kerapu belum cakap memenuhi permintaan pasar bagus dalam negeri ataupun luar negeri. Maka pemerintah tempat terus mendukung warga memaksimalkan budidaya ikan hal yang demikian dapat menciptakan andalan ekonomi masyarakat.

“Seluruh produksi ikan yang dipasok ke mancanegara melewati jasa perusahaan eksportir dari Jakarta,” ujarnya.

Saat ini ikan kerapu yang berkembang dengan tipe cantang sebab permintaan pasar cukup tinggi. Keunggulan ikan kerapu cantang, selain rasanya sedap juga dagingnya tebal dan mempunyai kandungan protein cukup tinggi.

Ketua golongan Ikan Kerapu Selatan Kabupaten Lebak, Banu juga mengakui selama ini permintaan pasar ekspor cukup tinggi, tapi produksi belum sanggup memenuhi pasar.

Untuk itu, pihaknya akan terus memaksimalkan budidaya ikan hal yang demikian agar kapabel memenuhi pasar ekspor. “Kami memaksimalkan usaha ini karena prospek ke depan cukup menjanjikan peningkatan ekonomi,” ucapnya antusias..

Sumber: