Keren! Ini Dia Kantor Berita Canggih Tanpa Wartawan

  • -
Keren! Ini Dia Kantor Berita Canggih Tanpa Wartawan

Keren! Ini Dia Kantor Berita Canggih Tanpa Wartawan

Category : Berita

Keren! Ini Dia Kantor Berita Canggih Tanpa Wartawan

Ayo berkenalan dengan JX Press. Sebuah kantor berita canggih yang berdiri tahun 2008 lalu di Tokyo, Jepang. JX Press mengklaim dapat menyajikan suatu berita dengan sangat cepat, bahkan sebelum menjadi berita. Artinya JX Press sangat update dalam mengabarkan suatu kejadian. Kok bisa? Tentu saja dengan menggunakan teknologi informasi terkini. Bahkan di perusahaan ini tidak ada wartawan sama sekali.

Keren! Ini Dia Kantor Berita Canggih Tanpa Wartawan

Perusahaan startup ini berhasil mencuri perhatian publik saat beberapa waktu lalu berhasil memberitakan meninggalnya Kim Jong Nam, saudara laki-laki pemimpin diktator Korea Utara Kim Jong Un, satu setengah jam lebih cepat daripada seluruh kantor berita besar di Jepang. Sejak itu banyak yang ingin mencoba teknologi mereka, dan akhirnya bergabung menjadi rekanan perusahaan. Di zaman sekarang, fast is important, sehingga kecepatan JX Press menyajikan berita bahkan sebelum kantor berita besar di Jepang melakukannya, benar-benar keren. Kantor berita canggih minim karyawan, tanpa wartawan, dan bisa mengeluarkan berita hanya dalam hitungan menit, luar biasa bukan?

Sebagai kantor berita yang paling update, JX Press menggunakan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan dalam operasionalnya. Sebuah program komputer yang didesain khusus untuk menyaring informasi dan menyajikannya secara otomatis. Jadi JX Press bekerja sama dengan berbagai medsos seperti Facebook dan Twitter untuk menangkap berbagai postingan yang berpotensi sebagai berita. Lalu program mereka menyaring informasi tersebut, memilahnya, dan mengubah postingan tersebut ke dalam bahasa baku dan memberitakannya dalam sebuah platform breaking news milik mereka.

Baca artikel kami lainya mengenai: jasa penulis artikel

“Masyarakat Jepang suka sekali menggunakan Twitter. Kejadian apapun diposting. Kami bisa mendapat info dari postingan tersebut dan memberitakannya, lalu wartawan yang bersangkutan bisa segera ke lokasi kejadian,” ujar Katsuhiro Yoneshige, CEO JX Press.

JX Press memiliki dua platform breaking news. Ada NewsDigest, sebuah aplikasi yang dapat didownload gratis oleh masyarakat umum, dan memberi pemasukan pada perusahaan dari iklan. Lalu FASTALERT yang merupakan aplikasi berlangganan, khusus untuk rekanan JX Press. Berapa biaya berlangganannya? “Rahasia. Karena nanti bisa menggangu kinerja staf pemasaran kami,” jawab sang CEO.

Menurut Yoneshige, AI yang mereka gunakan sangat canggih, hingga bisa mengubah bahasa informal ke dalam bahasa Jepang yang baku nyaris tanpa kesalahan. Teknologi ini juga bisa menyaring status yang tidak berpotensi menjadi berita, dan bahkan menyisir status media sosial di luar negeri untuk menyaring berita mancanegara. 99% tanpa kesalahan. Hal ini membuat Yoneshige berambisi memperluas cakupan perusahaannya ke negara lain.

Baca juga artikel kami lainya mengenai  paduan songket dan cosplay karya bernadus nova bisa dijadikan tas loh

“Bahasa Jepang baku sangat sulit, tapi kami berhasil melakukannya. Jadi artinya, dengan alphabet tentu jauh lebih mudah,” pungkasnya yakin. Kelebihan sistem kerja mereka terletak pada teknologi yang mampu menjalankan ‘machine thinking’ hingga mampu membaca kata-kata, menganalisa gambar bahkan tanda baca, hingga menyajikannya sebagai berita.

CEO berusia 29 tahun ini juga mengatakan, di kantor berita canggih miliknya tidak ada satu orang pun wartawan. Karyawannya hanya berjumlah dua puluh empat orang saja. Programnya sendiri dijalankan oleh tujuh belas orang sarjana komputer, dan sisanya adalah karyawan di bagian lainnya. Sangat efisien dalam penggunaan tenayan kerja manusia2, dan tentunya hal ini berpengaruh pada efektivitas kerja perusahaan.

Saat ini JX Press merupakan penyedia berita untuk kantor berita-kantor berita terkenal di Jepang. Sebut saja Asahi, NHK, Fuji Television, dan Kyodo. Bahkan Nikkei dan platform bisnis Mitsubishi Capital. Nah, tantangan nih, bagi generasi muda Indonesia. Kapan ya, kantor berita canggih yang lebih keren dari ini ada di negara kita?

Sumber :
http://m.tribunnews.com/internasional/2018/06/14/kantor-berita-jepang-gaya-baru-gunakan-alat-dan-aplikasi-canggih-kecepatan-pemberitaan-luar-biasa https://sahabatartikel.co.id/