Ikan Tai Yang Paling Di Hormati di Jepang Begini Sensasi Saat Menikmatinya

  • -
Ikan Tai Yang Paling Di Hormati di Jepang Begini Sensasi Saat Menikmatinya

Ikan Tai Yang Paling Di Hormati di Jepang Begini Sensasi Saat Menikmatinya

Category : Berita

Ikan Tai Yang Paling Di Hormati di Jepang Begini Sensasi Saat Menikmatinya

Ikan Tai Yang Paling Di Hormati di Jepang Begini Sensasi Saat Menikmatinya

Pernah dengar nama ikan Tai? Mungkin nama ikan yang satu sedikit asing karena kita jarang mendengar dan mengetahuinya. Jadi, seperti apa rasa dari ikan yang satu ini? Kami telah berkesempatan untuk menikmatinya di Kedutaan Besar Jepang, dan kali ini kami akan berbagi pengalaman tersebut pada Anda.

Ikan Tai sebenarnya merupakan ikan yang dihormati di Jepang. Selain dihormati, ikan ini juga disebut sebagai ikan lambang kebahagiaan. Hal tersebut dikarenakan ikan tersebut memiliki dua warna: merah dan putih.

Warna merah dan putih pada tubuh ikan ini sama seperti warna bendera Jepang dan Indonesia. Dan dalam acara bertajuk Japanese Cuisine Seafood of Japan, kedutaan besar Jepang di Indonesia menghadirkan Duta Besar Jepang, Masafumi Ishii dan juga Chef Hori Ikuo dari Kedutaan Besar Jepang.

Menurut Ishii, orang Jepang percaya jika warna merah dan putih merupakan lambang kebahagiaan. Karena itu, ikan Tai ini hanya dihadirkan dalam acara yang penting-penting saja misalnya kelahiran seorang anak atau pernikahan.

Berbeda dengan Ishii, Chef Hori Ikuo menyebutkan bahwa ada dua saat terbaik untuk menikmati ikan yang istimewa ini yaitu pada saat musim gugur dan musim semi.

Baca juga artikel kami mengenaiĀ  masuk sekolah akuntansi diĀ jepang pemuda asal medan ini membuat kagum banyak orang

Meskipun sama-sama jenis ikan Tai, ikan Tai yang ditangkap di musim semi disebut dengan nama yang berbeda dari ikan Tai yang ditangkap saat musim gugur. Untuk yang ditangkap saat musim semi, masyarakat Jepang biasa menyebutnya sebagai Sakura Tai. Sedangkan untuk yang ditangkap saa musim gugur biasa disebut sebagai Miji Tai.

Sakura Tai atau ikan Tai yang ditangkap saat musim semi disebut-sebut sebagai yang paling lezat. Hal tersebut dikarenakan ikan yang ditangkap pada waktu musim semi lebih segar dan enak karena terkena pengaruh cuaca musim semi yang cenderung hangat.

Lalu bagaimana dengan olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan ikan Tai ini? Berbeda dari olahan masakan Jepang yang dibuat dari hewan lainnya, Chef Hori Ikuo menjelaskan bahwa untuk mengolah ikan yang satu ini, tidak ada bagian ikan yang akan dibuang. Atau dengan kata lain, semua bagian ikan akan digunakan saat diolah.

Jika olahan makanan dari hewan lainnya mungkin hanya digunakan bagian dagingnya saja, masakan yang dibuat dari ikan Tai ini akan menggunakan bagian kepala sampai ekornya. Dan untuk masakan yang disajikan saat acara Japanese Cuisine Seafood of Japan ini, ikan tersebut disajikan dalam satu piring besar berbentuk seperti perahu dengan dengan beberapa bentuk olahan.

Dalam hal ini, untuk satu piringnya, terdapat beberapa bentuk olahan ikan Tai mulai dari kepala hingga ekornya. Ada yang dipisah dalam mangkuk atau piring lainnya dan ada juga yang disajikan tanpa dipisah di tempat lain.

Untuk sajian yang ada di acara ini, satu piring sajian ikan Tai ini nampak ramai apalagi dengan beberapa dekorasi tambahan seperti bunga dan juga lilin yang diletakkan di tengah piring. Dan untuk rasanya, jangan ditanya. Tentu sajian ikan Tai ini akan menambah pengalaman kita mencoba masakan Jepang.

Terakhir bandarq, untuk olahan ikan Tai sendiri, sebenarnya Anda juga dapat menikmatinya sendiri di tempat lain. Bisa jadi menikmati ikan yang ditangkap langsung di Laut Jepang atau menikmati ikan Tai dari penangkaran. Untuk harganya sendiri, olahan ikan Tai bisa dibanderol mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 2 jutaan untuk satu kilogramnya.

Sumber: http://lifestyle.liputan6.com/read/3323666/sensasi-menikmati-ikan-tai-yang-paling-dihormati-di-jepang