Jepang Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Azyumardi Azra

  • -
Jepang Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Azyumardi Azra

Jepang Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Azyumardi Azra

Jepang Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Azyumardi Azra

Jepang Anugerahkan Bintang Jasa Bagi Azyumardi Azra

Prof. Dr. Azyumardi Azra terkenal sebagai tokoh islam yang moderat di negra indonesia. Dia sosok yang aktif dalam perkembangan hubungan antara negara indonesia dan jepang. Selama karirnya di bidang pendidikan, beliau telah memberi kontribusi untuk meningkatkan hubungan antar dua negara khususnya dalam penelitian islam. Atas jasa itu, pemerintahan jepang memberi penghargaan dengan anugerah “The order of the rising sun, gold and silver star.”

Penyerahannya langsung dari sri baginda kaisar jepang, akihito di istana kekaisaran jepang 7 november. Didampingi langsung dengan istrinya.

“Saya gembari bisa merayakan untuk penyerahan bintang jasa ini. Profesor azyumardi lama meneliti tentang islam moderat. Dia adalah toko islam terbaik di indonesia,” ungkap lowongan penulis artikel masafumi ishii.

“Tanpa adanya inisiatif dan nasihat dari belaiu untuk mengirim kiyai muda, maka tidak akan terjalin dengan baik kerja sama ini,” tambahnya.

Atas penghargaan yang sudah diberikan, azyumardi mengucapkan banyak terima kasih kepada negara jepang. Dia juga bangga sebab adanya penganugerahan ini, Azyumardi dapat berjumpa langsung dengan kaisar akihito dan perdana menterinya shinzo abe.

“Saya sangat berterima kasih kepada kaisar dan perdana mendirinya yang sudah memberi sertifikatnya langsung pada saya. Hal ini kehormatan untuk saya bisa bertemu secara langsung sebab dengan kaisar yang sebentar lagi akan turun tahta,” jelas azyumardi.

Beliau bercerita tentang salah satu proyek kerja sama yang sangat berkesan untuk kedua negara. Dengan dibangunkannya fakultas kedokteran dan kesehatan di UIN Syarif Hidayatullah dan dikirimkannya 50 dosen agar bisa mengambil doktoral untuk beragam jurusan di negara jepang. Menurutnya hal ini menjadi bukti bahwa negara jepang adalah salah satu negara yang sangat serius dalam membantu dan memajukan indonesia serta selalu menepati janjinya.

Beliau juga menambahkan, jepang dasarnya merupakan negara yang sangat berjasa untuk indonesia bahkan sebelum kemerdekaan. Negeri jepang yang terkenal matahari terbitnya diketahui sudah membangun asal usul beridirnya kementrian agama sekarang ini.

Ayah dari empat orang anak ini, sebelum memperoleh penghargaan dari negara jepang ternyata sudah memperoleh beberapa penghargaan yang lainnya. Di dalam negeri, dia diberikan penghargaan bintang maha utama. Di tahun 2010 dia memperoleh gelar kehormatan yang sudah dianggap sebagai bangsawan inggris sejati.

Dari rangkuman beragam sumber, setelah lulus dari IAIN di jakarta, azyumardi lanjut di pendidikan departemen bahas dan budaya timur tengah di columbia university dengan biaya beasiswa tahun 1988.

Setelah kembali di negara indonesia, dia mendirikan langsung jurnal indonesia yang dinamakan studia islamika. Beliau masih saja sempat berkunung di St anthony collge. Lalu tahun 1998 hingga 2006 menjadi guru besar di UIN jakarta. Lalu tahun 2007 hingga 2012 menjadi guru besar pasca sarhana di UIN jakarta.

Pada bulan juli yang lalu, pemerintahan negara jepang juga memberi anugerah bintang jasa pada marzuki darusman. Dia diberikan penghargaan atas peran dalam bidang hak asasi manusia (HAM). Marzuki berulang kali bisa mengunjungi negara jepang supaya lebih mudah dalam bertukar pandangan dengan pihak pemerintah dan keluarga orban kasus penculikan atas kondisi HAM di korut termasuk di dalamnya ada kasus penculikan.

Dan masih banyak anugerah penghargaan yang lainnya diberikan kepada beliau. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa ada salah satu tokoh islam indonesia yang tersohor dan memberi kontribusi yang membanggakan bagi bangsa di mata dunia.

Sumber:
https://news.okezone.com/read/2017/11/23/18/1819506/jepang-anugerahi-bintang-jasa-untuk-azyumardi-azra
https://www.sahabatartikel.com/lowongan-pekerjaan-penulis-artikel/