Bangunan Rumah Kuat Tahan Gempa Untuk Asia Jasa Jepang

  • -
Rumah Kuat Tahan Gempa Untuk Asia Jasa Jepang

Bangunan Rumah Kuat Tahan Gempa Untuk Asia Jasa Jepang

Bangunan Rumah Kuat Tahan Gempa Untuk Asia Jasa Jepang

Rumah Kuat Tahan Gempa Untuk Asia Jasa Jepang

Bencana yang menerjang juga bisa datang kapan saja dan dimana saja. Dibeberapa Negara bagian Asia misalnya, kita tahu bahwa beberapa Negara di Asia merupakan daerah rawan terjadinya bencana terutama bencana gempa. Oleh karena itu, banyak para ahli yang berinovasi seperti inovasi jasa waterproofing untuk meminimalisir dampak yang dapat terjadi karena adanya bencana-bencana yang menimpa tentunya untuk meningkatkan tingkat keselamatan manusia ketika terjadi gempa. Salah satunya yang baru saja diperkenalkan adalah konstruksi rumah yang aman dan kuat dan tentunya bisa tahan akan bencana yang menerjang seperti gempa. Konstruksi rumah yang diperkenalkan oleh Jepang in memiliki harga yang lebih terjangkau seperti jasa waterproofing daripada konstruksi bangunan lainnya yang sudah ada.

Inovasi konstruksi rumah tahan gempa terbaru ini ditampilkan kepada masyarakat melalui JICA dengan PIP2B dari Yogyakarta dan juga tentunya University of Tokyo dengan Meguro Laboratorium. Jasa waterproofing dan konstruksi bangunan rumah yang disebut-sebut memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi terhadap gempa dapat menjadi salah satu solusi untuk daerah yang rawan gempa dan meminimalisir terjadinya dampak yang ditimbulkan oleh bencana yang satu ini. Konstruksi rumah tahan gempa ini sudah dicoba untuk dibangun di salah satu daerah yang rawan gempa di Indonesia tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kosntruksi rumah kuat tahan gempa tersebut dicoba untuk dibangun menggunakan teknologi bernama Polypropelyne band mesh atau biasa juga disebut PPBM dan juga jasa waterproofing. Daerah bantul tepatnya di Diro Pendowoharjo merupakan tempat yang menjadi target pembangunan bangunan ini.

Dari pihak University of Tokyo yang datang dari bagian PPBM Technology Institute of Industrial Science, Project Manager mereka mengatakan bahwa PPBM merupakan salah satu teknologi yang dapat menguatkan dinding sebuah bangunan untuk gedung dengan cara menggunakan tali dari poly propylyne yang dijadikan sebagai pengikat pada dinding bangunan agar ketika terjadi bencana gempa, bangunan tersebut tidak mudah runtuh. Proses pembangunan konstruksi bangunan tahan gempa ini dengan cara menyusun batu bata sebagai dinding lalu memasang tali poly propylyne di bagian luar dan dalam dinding. Namun ada teknik khusus dimana ketika pemasangan tali poly propylyne dibagian luar dan dalam dinding tersebut,harus ada titik tertentu yang dapat menyambung untuk menembus dinding. Setelah selesai memasang jaring-jaring untuk memperkuat dinding, barulah setelah itu tembok yang sudah terpasang jaring tersebut di lepa. Dijelaskan juga bahwa PPBM yang dipasang ditembok sebuah bangunan ini dapat memberi kemanan dan melindungi penghuni dalam bangunan tersebut akan tertimpanya material bahan bangunan dari konstruksi rumah saat terjadi gempa.

Sebenarnya fungsi dari jaring-jaring penguat dinding tersebut adalah menahan dan menunda keruntuhan yang kemungkina terjadi ketika gempa datang. Sehingga ketika bencana alam tersebut terjadi, penghuni didalam bangunan tersebut memiliki waktu untuk keluar dari bangunan itu dan menyelamatkan diri sehingga tidak terkena reruntuhan bangunan. Inovasi teknologi untuk jasa waterproofing dan konstruksi bangunan rumah yang kuat tersebut lebih cocok untuk diterapkan pada rumah yang memiliki dinding dari bata. Berhubungan dengan hal tersebut tentunya rumah-rumah orang Asia merupakan target yang cocok untuk menerapkan teknologi tersebut dan jasa waterproofing. Selain menerapkan teknologi rumah tahan gempa di Bantul, teknologi ini juga diterapkan didaerah Aceh dan juga Nepal. Beberapa gedung di Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Mushola Al Mutaqqin, KUD Tani Bhakti Sewon, Kalasan dan juga Diro, Pendowoharjo, Bantul sudah menerapkan teknologi ini. Harapannya bahwa teknologi ini dan jasa waterproofing akan meluas digunakan oleh seluruh orang.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/index.php/news/read/61192/jepang-perkenalkan-rumah-aman-tahan-gempa-khusus-asia/2016-08-12

https://kisepoxy.id/jasa/waterproofing/