Mengenal Seni Memanah Tradisional Jepang, Kyudo

  • -
Mengenal Seni Memanah Tradisional Jepang, Kyudo

Mengenal Seni Memanah Tradisional Jepang, Kyudo

Category : Uncategorized

Mengenal Seni Memanah Tradisional Jepang, Kyudo

Memanah merupakan salah satu dari berbagai olahraga yang cukup berpengaruh terhadap kesehatan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan fisik, memanah juga akan menyehatkan mental karena dengan memanah Anda bisa menemukan kebugaran badan dan fikiran Anda akan kembali rileks. Dan dengan kesan indah yang terlihat dari teknik memanah, olahraga ini juga menjelma menjadi berbagai seni.

Berbicara mengenai panah memanah, ada banyak akar budaya dari kegiatan ini. Dan salah satu negara yang memiliki akar budaya dalam tradisi memanah adalah Jepang. Di Jepang ada sebuah seni memanah yang di sebut dengan kyudo. Kyudo ini memang berasal dari jepang asli sehingga jepang sangat lekat dengan seni panahan.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan olahraga ini, pasti anda penasaran apa itu kyudo dan bedanya dengan olahraga memanah biasa. Untuk lebih jelasnya, jawaban pertanyaan Anda bisa di temukan di sini. Berikut ini merupakan ulasan mengenai kyudo atau seni memanah tradisional sebagai seni bela diri khas jepang.

Apa itu kyudo

Kyudo sebenarnya berarti teknik busur. Sedangkan di Jepang, istilah Kyudo ini terkenal dengan seni memanah tradisional. Sebenarnya, aktivitas panahan ini sudah ada sejak zaman prasejarah. Akan tetapi, seni memanah di jepang berawal dari periode samurai feodal Jepang. Seni bela diri ini terus di latih di Jepang sehingga menjadi sebuah budaya. Bahkan sampai saat ini kyudo masih sangat kental di sana.

Sejarah Kyudo

Berawal dari pelatihan memanah, lama-lama ternyata kebutuhan terhadap pemanahan di Jepang ini bertambah bersamaan dengan perang genpel. Sekolahan pemanahn pun mulai lahir pada abad ke 12. Dalam perkembangan selanjutnya, portugis memperkenalkan matchlock atau senjata api genggam ketika tiba di Jepang dan perhatian terhadap panah memanah mulai menurun. Panahan pun akhirnya tersamarkan dan tergantikan dengan senjata api genggam tersebut sejak itu.

Kemudian negara jepang mengubah diri sebagai negara yang modern serta mulai terbuka. Pada masa ini penghargaan terhadap seni bela diri mulai pudar dan memanah menjadi keterampilan sukarela pada abad ke 17. Akhirnya, untuk tetap melestarikan panahan tradisional, para ahli kyudo berkumpul. Mereka pun mencetuskan seni beladiri kyudo dengan gaya seremonial sebagai gaya tembakannya.

Kyudo Sebagai Seni Memanah Tradisional

Meskipun sama-sama memanah, kyudo memiliki perbedaan dengan cara panahan yang lain. Kyudo sendiri dianggap sebagai meditasi karena merupakan sebuah seni. Dalam penerapannya para penbidik akan maju dengan gerakan lamban dan menepatkan sasaran dalam tembakan. Selanjutnya string akan mulai di tarik kembali dan busur pun di turunkan lalu di lepaskan sampai mengenai target. Seni memanah tradisional kyudo yang di cetuskan oleh para ahli panah tradisional ini sangatlah menarik. Sedangkan tingkat kefokusan dalam memanah baik kyudo maupun yang lain harus benar-benar tinggi. Jika tidak hasilnya tidak akan sesuai yang di inginkan.

Jual busur dan alat panah harga murah, kunjungi: http://master-archery.com/

Berlatih Kyudo

Untuk menjadi seorang pelaku kyudo yang handal, waktu yang Anda perlukan tidaklah sebentar. Anda harus melakukan latihan jangka panjang. Dan tentu saja sebelumnya Anda perlu memulai dengan latihan memanah. Anda juga harus mulai membiasakan mengenakan sarung tangan karena biasanya kostum kyudo dilengkapi dengan sarung tangan. Selama beberapa bulan pelatihan pertama Anda akan berlatih membangun kekuatan. Selanjutnya adalah berlatih menggambar busur lalu membidik.

Demikianlah ulasan mengenai kyudo sebagai salah satu seni tradisional jepang dari jenis seni beladiri. Sangat menarik bukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.