Tempat Parkir Canggih Sepeda di Jepang Lewat Lift

  • -

Tempat Parkir Canggih Sepeda di Jepang Lewat Lift

Category : Berita

Seperti yang sudah diketahui, negeri Sakura ini memiliki banyak sekali budaya yang unik. Salah satu diantaranya adalah bersepeda menjadi pilihan masyarakat Jepang untuk berpergian. Ke kantor, sekolah dan berbelanja mereka menggunakan sepeda. Walaupun dikenal sangat maju, justru Jepang tetap menggunakan sepeda. Hal ini dikarenakan mereka paham betul apa saja manfaat dari bersepeda.

Sepeda angin, sepeda listrik menjadi kebiasaan mereka sehari-harinya.

Jepang terkenal sebagai negara pembuat mobil, motor dan kendaraan lainnya. Kini Jepang menjadi negara pengguna sepeda terbesar di dunia. Banyaknya, yaitu ada 90 juta sepeda ada di Jepang. Dengan perbandingan satu sepeda untuk empat orang.

Kebiasaan bersepeda ini sudah berlangsung sejak lama. Awalnya hal ini bermula dari orang-orang Eropa yang tinggal di Yokohama dan Kobe pada abad ke-19. Selain itu, sejak Konferensi Pemanasan Global pada 1997 di Kyoto, pemerintah Jepang terus mengkampanyekan sepeda sebagai alat transportasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembuangan emisi karbon. http://sepedalistrikdepok.com/

Bagi masyarakat Indonesia, yang banyak sekali masyarakatnya tidak banyak yang menggunakan sepeda. Memang tak mudahmengubah kebiasaan seperti yang ada di Jepang. Hal ini didukung penuh oleh pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang serius mengatasinya. Pemerintah Jepang melakukan banyak cara, misalnya dengan menyediakan trotoar jalan yang lebar dan rata, rambu-rambu serta jalur khusus untuk menyeberang hingga parkir resmi khusus sepeda yang aman.

Tak tanggung-tanggung, sebuah perusahaan konstruksi Giken memberikan sebuah sistem bawah tanah yang dapat menampung ratusan sepeda untuk parkir yang disebut dengan Eco Cycle – sebuah sistem robotik yang menampung sepeda di bawah tanah sampai kedalaman 11 meter.

Sepeda yang akan diparkir ditaruh pada lintasan khusus di depan lift yang disediakan pas untuk ukuran roda. Lalu, pemilik sepeda memencet tombol di pintu dan sepeda akan langsung otomatis masuk ke dalam lift dan di bawa ke tempat parkir bawah tanah.

Bagaimana saat mengambil sepeda sesuai dengan milik kita? Agar sepeda tidak tertukar maka setiap pemilik sepeda akan diberikan tiket tersendiri sebagai tanda pengenal sepedanya. Tiket ini akan keluar secara otomatis dari mesin di dekat pintu masuk sesaat setelah sepeda masuk lift.