Peribahasa: Baka to kemuri wa takai tokoro ga suki (orang bodoh dan asap sama-sama suka tempat tinggi)

  • 0

Peribahasa: Baka to kemuri wa takai tokoro ga suki (orang bodoh dan asap sama-sama suka tempat tinggi)

Category : Budaya

Ada pepatah baka to kemuri wa takai tokoro ga suki (馬鹿と煙は高いところが好き) yang terjemahannya “orang bodoh dan asap sama-sama suka tempat tinggi”. (maafkan kata-kata yang agak vulgar, karena memang peribahasanya seperti itu)

Seperti kita tahu, asap adalah zat sisa pembakaran dan dengan kata lain benda tidak berguna. Secara alami, asap memang akan naik ke atas, ke tempat yang tinggi.

Nah “orang bodoh” pada pepatah ini diumpamakan seperti asap. Dia sebetulnya kosong dan tidak berguna, namun akan sangat senang menerima pujian dan malah akan berusaha semakin menyombongkan dirinya agar terdengar semakin hebat. Dia sebetulnya tahu bahwa dirinya berada di bawah, sehingga senang kalau ada kesempatan untuk membuatnya terlihat lebih tinggi dari orang lain.

Ya, jadi maksud peribahasanya kurang lebih adalah “orang yang tidak punya kemampuan akan sangat senang dipuji dan membanggakan dirinya”. Pada intinya mirip dengan “tong kosong nyaring bunyinya” yang sudah sangat kita kenal.

Katanya dulu peribahasa ini sering dipakai untuk bercanda. Misalnya sekumpulan teman sedang berkumpul, lalu salah satunya mengambil posisi yang lebih tinggi (misal kasur atau kursi) padahal yang lain ada di lantai. Pada kasus tersebut orang itu bisa diejek dengan peribahasa ini :) . (dengan kata lain menyamakannya dengan orang bodoh)


Leave a Reply