Senryu lingkungan karya artis-artis Hello! Project

Seperti telah dijanjikan sebelumnya saat memperkenalkan Senryu, kali ini kita akan melihat contoh-contoh senryu tambahan yang disertai audionya. Semua senryu ini bertemakan lingkungan dan ditulis oleh berbagai penyanyi Hello! Project. Ingat rumusnya: go-shichi-go (5-7-5).

Sebelum mulai, ada baiknya mengulas kata-kata berikut:

地球 (chikyuu): bumi
温暖 (ondan): hangat
化 (-ka): proses menjadi -
地球温暖化 (chikyuu ondanka): pemanasan global
暑い (atsui): panas
みんな (minna): semua
一緒 (issho): bersama
守る (mamoru): melindungi
助ける (tasukeru): menyelamatkan
緑 (midori): hijau
エアコン (eakon): AC (air conditioner)

Shimizu Saki (Berryz Koubou)

Senryu Shimizu Saki

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: shimizu_saki_senryu.mp3

大変だ taihen da
地球があつく chikyuu ga atsuku
なってるぞ natteru zo

Gawat!
Bumi ini
Semakin memanas

Kita bisa melihat bahwa salah satu teknik yang umum dalam memenuhi jumlah moranya adalah dengan menambahkan akhiran-akhiran seperti da dan zo. Di percakapan biasa akhiran da dan terlebih lagi zo lebih umum digunakan oleh laki-laki.

Tsugunaga Momoko (Berryz Koubou)

Senryu Tsugunaga Momoko

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: tsugunaga_momoko_senryu.mp3

温暖化 ondanka
みんなで一緒に minna de issho ni
くいとめよう kuitomeyou

Pemanasan global
Mari semua bersama
Menghentikannya

Sebetulnya ini agak keluar dari aturannya karena jumlah moranya 5-8-6. Kasus seperti ini disebut jiamari (字余り) yang artinya kebanyakan huruf. Senryu jiamari secara umum masih diterima, tapi tentu saja jangan banyak-banyak lebihnya :) .

Mungkin dari sini kita bisa melihat suatu filosofi yang menarik. Pada senryu memang ada suatu aturan, namun yang lebih dipentingkan adalah pengekspresian idenya. Jadi dengan kata lain aturan tersebut sebetulnya sifatnya samar, karena pada dasarnya tujuan utama dari karya sastra adalah ide yang ingin disampaikan. Konsep jiamari juga ada di haiku dan jenis puisi lainnya.

Sudou Maasa (Berryz Koubou)

Senryu Sudou Maasa

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: sudou_maasa_senryu.mp3

気付いてる? kizuiteru?
地球がだんだん chikyuu ga dandan
こわれてる kowareteru

Sadarkah?
Bumi ini perlahan-lahan
Menjadi rusak

Di sini kita bisa melihat bahwa untuk membuat pertanyaan dalam gaya bahasa santai, cukup dengan menggunakan intonasi dan tidak perlu partikel apapun. Dengan gaya bahasa sopan, pertanyaan di baris pertama umumnya menggunakan partikel tanya ka sehingga menjadi “kizuite imasu ka?

Perhatikan bahwa di sini juga terdapat jiamari dengan jumlah mora 5-8-5.

Sugaya Risako (Berryz Koubou)

Senryu Sugaya Risako

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: sugaya_risako_senryu.mp3

私ん家 watashin chi
夏でもつけない natsu de mo tsukenai
エアコンは eakon wa

Di rumahku
Walaupun musim panas
Tidak menyalakan AC

Di sini singkatan yang menarik adalah watashin chi yang berasal dari watashi no uchi. Saya juga pernah menemui obaachan chi yang tentu saja maksudnya obaachan no uchi (rumah nenek).

Kita juga menjumpai verba ampuh tsukeru. Arti dasarnya adalah “menempelkan” atau “memasangkan”, misalnya iyaringu o tsukeru (memasang anting). Namun jika objeknya adalah benda elektronik, artinya menjadi “menyalakan”.

Terakhir, lagi-lagi ada jiamari di baris kedua. Mungkin kamu akan bosan kalau saya terus-terusan menyebutkan bahwa terdapat jiamari. Intinya, jiamari bukanlah sesuatu yang sangat langka, jadi tidak perlu mengernyitkan dahi kalau menemukannya. Lalu jangan menganggap bahwa orang yang membuat puisinya tidak bisa menghitung, karena pasti dia juga membuat jiamari dengan kesadaran penuh. Dengan berbekal pengetahuan ini, jika ada jiamari lagi mulai sekarang kita tidak perlu menyebutkannya secara eksplisit.

Nakajima Saki (°C-ute)

Senryu Nakajima Saki

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: nakajima_saki_senryu.mp3

地球から chikyuu kara
緑は絶対 midori wa zettai
無くさない nakusanai

Pastikan jangan sampai
Kita menghilangkan warna hijau
dari bumi ini

Verba nakusu (menghilangkan) di sini asalnya sangat erat dengan adjektiva nai (tidak ada). Dia berasal dari naku suru (membuat sesuatu menjadi tidak ada) yang polanya sama persis seperti ookiku suru (membuat sesuatu menjadi besar) dan yasuku suru (membuat sesuatu menjadi murah). su pada nakusu hanyalah bentuk sastra dari suru.

Okai Chisato (°C-ute)

Senryu Okai Chisato

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download: okai_chisato_senryu.mp3

泣いている naite iru
地球を救おう chikyuu o sukuou
私たち watashi-tachi

Mari kita
Selamatkan
Bumi yang menangis ini

Perhatikan bahwa naite iru pada baris pertama tidaklah merupakan kalimat penuh, tapi berlanjut memodifikasi chikyuu pada baris kedua. Dengan kata lain, kalimat utuhnya adalah naite iru chikyuu o sukuou. Batas baris semu ini adalah ini hal yang sangat umum di puisi maupun lagu, jadi kita harus pintar-pintar mengetahui di mana kalimatnya sebetulnya selesai.

Penutup

Di sini kita bisa mendengar senryu-senryu yang dibacakan. Kita juga telah mempelajari salah satu aspek tambahan dalam penulisan senryu yaitu jiamari. Artikel ini masih ada kelanjutannya karena kita masih akan mempelajari aspek tambahan yang belum dibahas sampai saat ini. (pentunjuk: kebalikannya jiamari)

Simpan di situs bookmarking sosial:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Twitter
  • Facebook
  • Technorati
  • Tumblr
  • Slashdot
  • StumbleUpon
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Live
  • Identi.ca
  • LinkedIn

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

8 Responses to “Senryu lingkungan karya artis-artis Hello! Project”

  1. ari says:

    wahhhhh, pakai anggota berryz koubo ya hehehehe :D

  2. Aziz says:

    Di blogku di wordpress ada tulisan kaya` gini apa artinya gro?

    れら加登なかとっこn

    度もありがと

  3. @ari
    Iya kapten Saki cs :)

    @Aziz
    Di bagian akhir ada arigato tapi sisanya bukan sesuatu yang bisa dimengerti kayaknya ^^. Tapi mungkin di balik itu orangnya sebetulnya mau menyampaikan sesuatu, tapi mungkin nulisnya dengan huruf yang nggak umum sehingga aku nggak nangkep, atau mungkin nulis pesan non-Jepang (Indonesia?) dengan huruf Jepang yang akunya ga nangkep juga…

  4. Ummiega says:

    Mau belajar boleh ya, sensei.

  5. arigatou
    dengan memakai member berryz bisa denger dan belajar sambil nosebleed…

    thanks

  6. @bHieMa Alchemist-san
    Thanks juga kunjungannya. Semoga kemunculan member-member tersebut jadi motivasi tambahan :) .

  7. yuka chan says:

    selama ini bingung sama haiku dan sejenisnya, stlh baca jd ngerti >O< senseeiii ichiban sugoiiii !!! ^O^

Tulis komentar