Rikaichan: Add-on kamus bahasa Jepang dan kamus kanji untuk Firefox

Rikaichan, add-on kamus bahasa Jepang dan kamus kanji untuk Firefox

Semua orang menggunakannya! Sebagai pelajar bahasa Jepang, program yang wajib kamu punya untuk menjelajahi web adalah kombinasi browser Mozilla Firefox ditambah add-on Rikaichan. Rikaichan berfungsi sebagai kamus bahasa Jepang yang bekerja menggunakan popup, jadi saat membaca halaman suatu situs kamu tidak perlu bolak-balik ke program kamus terpisah.

Instalasi

Pertama-tama, download dan install Firefox kalau kamu belum memilikinya. Setelahnya, kunjungi halaman utama Rikaichan lalu install ekstensi utamanya (main extension) dan salah satu kamus (word dictionary) yang ada. Saya menggunakan kamus Jepang-Inggris, namun ada beberapa pilihan lain misalnya Jepang-Jerman dan Jepang-Perancis. Sayangnya belum ada kamus Jepang-Indonesia.

Kalau kamu mengklik pranalanya dari Firefox, Firefox akan mencoba untuk langsung menginstallnya. Kalau kamu memilih untuk menyimpannya lebih dulu ke hard disk dan menginstallnya belakangan, klik kanan pranalanya dan pilih Save Link As.... Instalasi manual bisa dilakukan lewat menu FileOpen File... dan memilih berkas .xpi yang ingin diinstall.

Penggunaan

Untuk menyalakan Rikaichan di suatu halaman, tekan kombinasi tombol Alt + Ins. Nanti akan muncul pesan berikut:

Pesan bahwa Rikaichan telah dinyalakan

Kalau entah kenapa tidak bisa nyala dengan cara itu, kamu bisa mengaktifkannya lewat menu ToolsRikaichan. (Kalau lewat menu ini, pasti nyala walaupun mungkin tanpa ada pesan apapun)

Setelahnya, kamu tinggal mengarahkan kursor mouse kamu ke awal kata yang tidak kamu ketahui. Otomatis Rikaichan akan memunculkan dirinya:

Rikaichan, add-on kamus bahasa Jepang dan kamus kanji untuk Firefox

Untuk setiap kemungkinan, Rikaichan akan menunjukkan cara membacanya dalam kana dan juga artinya.

Rikaichan juga cukup canggih karena bisa bekerja pada kata yang terinfleksi. Misalnya, kata yang muncul di halaman web mungkin “tabemasu” tapi dia bisa mencari bentuk dasarnya “taberu” di kamus.

Kamus kanji

Secara default, Rikaichan akan memunculkan kamus kata seperti di atas. Kalau yang ingin kamu cari adalah informasi kanji, misalnya seluruh bacaan on dan kun yang ada, kamu tinggal menekan shift saat kamus katanya muncul:

Rikaichan sebagai kamus kanji

Informasinya sangat banyak, mulai dari jumlah guratan, kelas Jouyou kanji tersebut, sampai indeksnya untuk berbagai kamus.

Rikaichan Lookupbar

Kamu bisa juga menggunakan Rikaichan sebagai kamus elektronik tradisional, di mana kamu mengetikkan atau mempaste kata yang ingin dicari. Gunakan Rikaichan Lookupbar yang bisa dimunculkan dengan tombol Alt + Del atau melalui menu ToolsRikaichan Lookupbar:

Rikaichan lookupbar sebagai kamus bahasa Jepang tradisional

Kamu tinggal menuliskan masukannya di kotak teks yang tersedia. Perlu diketahui bahwa dia tidak menerima masukan romaji. Jadi pastikan bahwa sistem kamu bisa untuk menulis huruf Jepang.

Lain-lain

Saat kamusnya muncul, kamu bisa menekan C untuk mengkopi isinya. Lalu, kamu bisa melihat tombol pintas lain beserta mengubah berbagai macam opsi dan setting yang ada dari menu ToolsAdd-ons.

Secara umum, kamus dasarnya tidak memuat nama orang. Tapi di situs Rikaichan kamu bisa mengunduh kamus nama (names dictionary) tambahan sebesar 11 MB yang juga berisi nama tempat. Kamus namanya sangat lengkap sampai ke tingkat yang mengerikan. Dia mengenali mulai dari tokoh sejarah seperti 織田信長 (Oda Nobunaga), pengarang terkenal seperti 夏目漱石 (Natsume Souseki), pemain igo seperti 趙冶勲 (Chou Chikun), sampai aktris seperti 堀北真希 (Horikita Maki)! Kamus nama tersebut sangat berguna untuk membaca berita dan tulisan-tulisan tentang Jepang dari Internet!

Penutup

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Rikaichan adalah alat yang esensial bagi pelajar bahasa Jepang. Hanya dengan berbekal hiragana dan katakana, kamu otomatis langsung bisa mengakses semua tulisan Jepang yang ada di dunia luar sana! Install plugin ini, coba, dan kamu akan segera heran bahwa kamu dulunya bisa hidup tanpa Rikaichan.

Simpan di situs bookmarking sosial:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Twitter
  • Facebook
  • Technorati
  • Tumblr
  • Slashdot
  • StumbleUpon
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Live
  • Identi.ca
  • LinkedIn

Tags: , , , , , , , , , ,

48 Responses to “Rikaichan: Add-on kamus bahasa Jepang dan kamus kanji untuk Firefox”

  1. [...] inovatif yang menggunakan kamus tersebut. Dengan EDICT dan KANJIDIC misalnya, kita bisa melihat Rikaichan, Rikai, Denshi Jisho, dan Wakan yang sangat membantu studi bahasa Jepang. Aku sendiri juga membuat [...]

  2. [...] Rikaichan, add-on kamus bahasa Jepang untuk Firefox, telah merilis versi 1.03. Versi ini membetulkan tombol shortcut untuk aktivasi (Alt+Ins) yang tidak berfungsi di Firefox 3. Jadi kalau kamu pengguna Firefox 3 dan masih menggunakan Rikaichan yang lama, segeralah download versi terbarunya di situsnya. Simpan di situs bookmarking sosial: [...]

  3. buget says:

    Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting. Namun perbedaan bahasa bisa membuat segalanya berantakan.
    Jepang sekarang ini menjadi produsen elektronik yang bisa menyaingi dunia barat. Jepang juga melebarkan sayap bussiness nya ke seluruh dunia.
    Bagi negara-negara Asia, sangat penting untuk belajar bahasa Jepang. karena letak Jepang yang sangat dekat dan otomatis pergerakan orang2 Jepang dan bussiness nya sudah tidak dapat di elakkan lagi.
    Belajar lah bahasa Jepang
    Belajar lah bahasa Jepang
    Belajar lah bahasa Jepang
    ……………
    ……………..
    …………………..

    Situs ini sangat membantu sekali bagi yang punya waktu luang untuk belajar bahasa Jepang.
    Bagi orang2 yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak setiap waktu berada di depan internet, saya sarankan untuk juga memiliki Kamus Elektronik sebagai alat pendukung.

    Utamakan memilih Kamus elektronik yang memiliki lisensi yang jelas dan telah di akui dunia. Amat sangat terpercaya bila produk tersebut telah diakui dunia dengan adanya sertifikasi ISO dan penghargaan2 lain. Jangan lupakan juga tekhnologi touchscreen yang dapat membantu kita untuk bisa belajar menulis huruf2 Jepang. Karena ada cara menulis yang benar agar tidak salah arti.

    Selamat belajar, semoga kita bisa memanfaatkan kejayaan bussiness tekhnologi Jepang dengan menguasai bahasa mereka.

    Sayonara….

    Oh ya lupa saat ini saya menggunakan kamus elektronik Besta, karena pernah pakai alfalink sampai ganti2 type tapi tidak ada yang bagus dan sering rusak…….
    Jadi mendingan bandingin aja dulu kalo mo beli apa2…….

  4. Terima kasih atas komentarnya.

    Iya, saya sering mendengar kalau orang barat belajar/kerja di Jepang mereka beli kamus elektronik.

    Terima kasih sudah menshare info kamus yang dipakai, mungkin bisa jadi tambahan pertimbangan bagi mereka yang ingin membeli kamus elektronik.

  5. nite says:

    ohayou gozaimasu………..
    atashi wa sukoi nihongo o benkyou shimasu.
    atashi wa Wearnes education center de nihongo o benkyou shimasu.
    dou kirei to nihongo o benkyou shimasu ka.
    arigato gozaimasu………………,,,,,,,,,,,,,,

  6. @nite

    mainichi kakasazu benkyou suru koto ga hitsuyou da to omoimasu :)

    ganbatte ne…

  7. dul-radja says:

    Konnichiwa,-
    ada g yang punya software kamus bahasa jepang dan kanji, kalau ada tolong kirim ata beri info ke : [email protected]
    ありがとございます

  8. Sri setiawati says:

    tolong donk KARBON AKTIF bahasa Jepangnya paan sich. gw dah cari di kamus eh taunya ga da n sekalinya ketemu orng Jepang nya sendiri ga ngerti apa yang gw maksud. duh puyeng banget pala gw. klo da yang tau tolong bls email gw ke [email protected] ya. please URGENT!!!!!! Bgt nich.
    Arigatou Gozaimashita

  9. Bahasa Jepangnya sepertinya: kassei-tan (活性炭). kassei artinya bersifat aktif, tan dari tanso (karbon).

    Ada artikelnya di wikipedia: http://ja.wikipedia.org/wiki/%E6%B4%BB%E6%80%A7%E7%82%AD

  10. Sri setiawati says:

    MAKASIH YA Agro Rachmatulloh, btw Bahasa Jepang nya Mesh Size & Granular & Iodine, pH, mOISTURE & Ash Content & Fixed Carbon paan ya? saya kurang mengerti dengan istilah seperti ini. Tolong bantu saya ya Please coz bener bener Urgent bgt nich.makasih

  11. Sri setiawati says:

    spesifikasi ketinggalan bahasa jepangnya paan ya

  12. riki says:

    saya mau tanya ,,, sudah ada ga ya kamus translate japan-indonesia dan sebaliknya tanpa harus koneksi inter net?

    harap reply ke mail saya ya,,,

    saya butuh bgt,,,

  13. [...] (ozu no mahoutsukai). Selamat menikmati ceritanya dan belajar bahasa Jepang! (gunakan bantuan Rikaichan kalau perlu) Simpan di situs bookmarking [...]

  14. Roy says:

    Thank you so much for sharing! :-)

  15. Anjang says:

    ありがと … ありがとございます

    Makasih buat tambahan ilmunya. :D

  16. ハマミ says:

    あね ちゃん….
    ありがとうございます!!
    ur my hero!!
    ^^

  17. [...] ayo menikmati bahasa Jepang di Tanpen. Kalau butuh bantuan membaca, jangan lupa Rikaichan. Simpan di situs bookmarking [...]

  18. roso says:

    wah aku wis coba download rikaichan tapi aku blm berhasil nih mas
    tlng bantu lebih detail cara instalnya, maklum awam nih

  19. こんばんわ

    ありがとうございます。。。

  20. putra says:

    こんにちわ,ユメコさん。
    rikaichanってすごい、日本語能力試験に良く使えるですね。
    助かりました。
    有難うございます。

  21. [...] Saya pribadi menyarankan bagi segenap pelajar bahasa Jepang untuk sesegera mungkin belajar hiragana dan katakana. Setelah mempelajari kedua huruf tersebut, kamu bisa menggunakan tool yang lebih powerful dan berguna yaitu rikaichan. [...]

  22. GTO says:

    Thanks bro … ternyata ada add on buat firefox juga … selama ini cuma pake translate google doang nih ^^

  23. truno says:

    asu

  24. tovans says:

    cara install rikaichannya gimana ya?
    aku udh klik install tp ga bs
    bingung

  25. tovans says:

    kok ga dijwb?????

  26. [...] bantuan add on kamus Rikaichan agar bisa dengan cepat membaca kata-kata baru) Simpan di situs bookmarking [...]

  27. fatma says:

    Kamus namanya sangat lengkap sampai ke tingkat yang mengerikan. Dia mengenali mulai dari tokoh sejarah seperti 織田信長 (Oda Nobunaga), pengarang terkenal seperti 夏目漱石 (Natsume Souseki), pemain igo seperti 趙冶勲 (Chou Chikun), sampai aktris seperti 堀北真希 (Horikita Maki)!
    ————————————————————
    apakah se”mengerikan” itu?
    *hehehe, istilahnya itu loh ^o^, plis deh*

  28. @fatma-san
    Mungkin oogesa, tapi saya pribadi memang menganggapnya lengkap sampai tingkat yang mengerikan :)

  29. feri says:

    waaahhhhh..

    本当にありがとう。。。

  30. nyi imas masturiyah says:

    tolong lebih detail lagi cara menginstallnya bagaimana…
    syukron

  31. rin says:

    sumimasen,, ka ada tidak cerita dongeng jepang tapi dalam bahasa indonesia?

  32. tania says:

    Terima kasih atas pemberitahuan mengenai kamus ini. Saya juga sedang belajar bahasa Jepang. Setuju sekali kalau bahasa Jepang adalah bahasa yang amat penting.

  33. rento says:

    POKOKNYA SUKSES DEH BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU MAHIR DAN MENGERTI TENTANG JEPANG.
    SELAMAT.
    DAN TERIMA KASIH KEPADA PEMILIKI SITUS YUMEKO.WEB.ID INI YANG UDAH MENCURAHKAN SEGALA KEMAMPUAN HINGGA TERCIPTANYA WEB YANG BAGUS SEPERTI INI.
    じゃまたね

  34. Free Porn Videos, Porn Tube, Free Porn, Free Porno Movies, Porno, Sex
    http://kl.am/6Nrw

  35. [...] Jepangmu, silahkan lihat-lihat Yomiuri Hatsugen Komachi! Kalau butuh bantuan membaca, jangan lupa Rikaichan. Simpan di situs bookmarking [...]

  36. izzah says:

    wow , kereeennn .
    suka banget . ngga ribet lagi , hahaha …
    izin sharing di blog boleh ?

  37. @izzah-san
    Silahkan disharing

  38. izzah says:

    hoaa..
    hontou ni arigatou gozaimashita senpai .. :)

  39. enggar says:

    koq gg bisa yahhh saya nginstalnya …:(

  40. meri says:

    gimana cara menginstallnya????????/
    tolong di bantu,.

  41. [...] Rikaichan: Addon kamus bahasa Jepang Firefox [...]

  42. Yayat says:

    Gimana ya tulisan jepangnya “AUTOMATIC”??

  43. sigi says:

    @agro :

    minta tolong dong,,, aku boleh minta software kamus jepang-indonesia untuk PC ga??? soalnya yg aku punya kurang lengkap..
    arigatou gozaimasu :-)

  44. Hanakashi says:

    waahhh keren…. mantabs……

    selain wakan, kaijin ada software yg lain gak untuk kamus bahasa jepang or apa ada wakan versi bahasa indonesia…???

    shankyu….

  45. Jiahui says:

    sumimasen..
    ada program untuk tulisan bahasa kanji dan hiragana di microsoft word gak??
    kalau ada tolong kirim ke email saya ya,,
    arigatougozaimasu ^^

  46. [...] yang Sampeyan pilih. Contohnya, saya mencoba membuka halaman web Yumeko, yang sekaligus menjadi referensi utama saya untuk Add-On ini. Saat pop-up muncul, Sampeyan bisa memanfaatkan pilihan fitur Rikaichan, seperti “Alternate [...]

  47. Andrexix says:

    dimana link untuk mendownload names dictionary-nya?? saya sudah cari sampai situsnya rikaichan tapi tidak saya temukan (soalnya tidak ada serach bar-nya disana)

Tulis komentar